Laporan CB Pancasila

                       

      Project Luar
       Kelas LF21

       CBDC – TFI 

                                            Character Building  Pancasila

Judul Project
Penanaman Nilai Pancasila dengan Membimbing dalam Pembelajaran Pada Anak-Anak TK

Kelompok 2
NIM
NAMA
JABATAN
2001551643
Fannicko Chandra
Ketua
2001621561
Andina Chintani
Sekretaris
2001621315
Novelia Cristiani S
Anggota
2001598136
Hans Jonathan
Anggota
2001561650
Melvin Samuel
Anggota
2001570094
Muhammad Sandy
Anggota
2001569565
Antonio Steven
Anggota
2001597625
Hanisa Hansa Aulia
Anggota
2001602386
Ongko Star
Anggota


KELAS
LF21


BINUS UNIVERSITY
2017





HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR
Project Luar Kelas Character Building : Pancasila

1.      Judul Project                         : Penanaman Nilai Pancasila dengan Membimbing dalam Pembelajaran Pada Anak-Anak TK
2.      Lokasi Project                        : TK Royal Victory II
3.      Kelompok target kegiatan      : TK
, Panti Asuhan, dan Rumah susun
4.      Nama Anggota Kelompok     :
a.       Fannicko Chandra
b.      Andina Chintani
c.       Hanisa Hansa
d.      Novelia Cristiani
e.       Hans Jonathan
f.       Muhammad Sandy
g.      Melvin Samuel
h.      Antonio Steven
i.        Ongko Star
5.      Mata Kuliah                           : Character Bulding : Pancasila
6.      Kelas                                      : LF21
7.      Dosen                                     : Murty M. P


Jakarta, 5 Juni 2017
                 Mengetahui                                                                 Ketua Kelompok


          (Murty Magda Pane,ST,M.SI)                                         (Fannicko Chandra)
          Dosen CB Pancasila                                                              2001551643
DAFTAR ISI

Lembar cover
Lembar pengesahan
Daftar isi
Bab 1    : Pendahuluan
Bab 2    : Konsep Kegiatan
Bab 3    : Metode kegiatan
Bab 4    : Pelaksanaan Kegiatan
Bab 5    : Penutup
             
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sebagai bentuk rasa peduli kami akan keadaan sekitar, maka sebagai generasi muda ingin mengadakan sebuah bentuk kegiatan yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar. Maka dari itu, kami ingin berpartisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa dan kami berinisiatif untuk membantu dan mendampingi anak-anak paud, panti asuhan, dsb dalam kegiatan proses belajar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa/i Binus atas dasar program dari salah satu mata kuliah dalam Universitas Bina Nusantara, Character Building : Pancasila
 1.2 Permasalahan
Adapun masalah-masalah yang timbul untuk mencapai tujuan kami:
- Perbedaaan Sifat

- Perbedaan kelas dari masing-masing jurusan
- Kurangnya berkomunikasi
- Sulit untuk mencocokan waktu untuk melakukan project
 


BAB 2
KONSEP KEGIATAN 

Konsep dari kegiatan kami yaitu: 
  1. Mendampingi anak paud dalam proses pembelajarannya
  2. Melakukan kegiatan-kegiatan sehingga kami akrab dan saling berinteraksi dengan baik 

BAB 3
METODE KEGIATAN

     Dalam kegiatan membimbing anak-anak TK Royal Victory II, kami melakukan beberapa kegiatan didalam maupun diluar pembelajaran yang sudah ditentukan oleh pihak TK. Kegiatan yang kamu adakan adalah pendampingan belajar, games, dan lomba mewarnai.

3.1 Pendampingan belajar
     Pendampingan belajar adalah kegiatan utama kami dalam project ini. Di TK Royal Victory II, terdapat 3 kelas. Kelompok kami yang terdiri dari 9 orang, dibagi ke dalam 3 kelas tersebut.
     Pendampingan belajar yang kami lakukan adalah membantu murid yang kesulitan dalam belajar saat guru sedang mengajar. Pelajaran yang membutuhkan pendampingan belajar adalah pelajaran menghitung. Ada beberapa murid yang belum bisa menghitung dengan cepat, butuh proses yang lebih lama dari murid-murid lain.
     Tidak hanya dalam pelajaran menghitung, dalam kegiatan mewarnai pun kita mendampingi murid-murid yang kesulitan. Mereka terkadang meminta bantuan kami untuk menentukan warna yang tepat pada gambar, ada juga yang meminta bantuan kami untuk ikut mewarnai karena motorik mereka yang kurang dan belum bisa mewarnai dengan rapih.

3.2 Games / hiburan
     Kegiatan kedua yang kami lakukan adalah mengajak anak-anak bermain saat istirahat tiba. Istirahat tiba pada pukul 09.00-09.30. Selesai mereka menghabiskan makanannya, murid-murid tersebut akan bermain di lapangan.
     Kami mengisi waktu tersebut dengan bermain bersama-sama murid-murid TK tersebut. Salah satu permainan yang kami adakan adalah bermain “ular naga panjang”. Hampir seluruh murid ikut berpartisipasi dalam permainan tersebut. Merekapun mengikutinya dengan senang.

3.3  Lomba Mewarnai
Kegiatan terakhir yang kami adakan adalah lomba mewarnai. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh murid TK, dari TK-B, TK-A, dan Playgroup. Lomba tersebut diadakan di lapangan TK. Sebelum lomba dimulai, anak-anak TK melakukan senam pagi, kamipun juga mengikuti senam pagi bersama-sama.
Setelah senam selesai, kami membantu para guru untuk menggelar alas untuk anak-anak duduk saat lomba mewarnai. Setelah itu anak-anak duduk dengan rapih, kamipun membagikan kertas gambar untuk lomba mewarnai. Kami sudah menyediakan hadiah untuk pemenang-pemenang lomba. Hadiah untuk TK-B, juara I adalah 3 buku dan 1 pensil, juara II adalah 2 buku dan 1 pensil. Hadiah untuk TK-A, juara I adalah 1 buku dan 1 pensil, juara II adalah 1 buku dan 1 rautan. Haidah untuk juara I kelas Playgroup adalah 1 buku dan 1 rautan.
Selesai mereka mewarnai, kami berunding untuk menentukan juaranya. Kamipun mengumumkan juara-juaranya, memberikan hadiah dan foto bersama. Kami juga memberikan bingkisan pada setiap murid. Diakhir acara kami berfoto bersama dengan murid-murid dan guru-guru, dan berpamitan.
BAB 4
PELAKSANAAN KEGIATAN
Laporan Kegiatan 1

1. Nama Kegiatan : Survey

2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 10 Maret 2017, Pukul 08.00 - 09.00 WIB.

3. Daftar Hadir :



4. Deskripsi Lengkap Kegiatan : 
  • Berkumpul dan berangkat ke TK Royal Victory II
  • Bertemu dengan kepala sekolah lalu meminta izin untuk melakukan bimbingan kepada murid TK tersebut.

 5. Hasil Kegiatan :


  • Mendapatkan izin untuk melakukan bimbingan di TK Royal Victory II.
  • Mendapatkan jadwal untuk melakukan bimbingan.
  • Menerima Tema untuk melakukan bimbingan disaat kami siap untuk melakukan bimbingan.
6. Foto Kegiatan :












Laporan Kegiatan 2

1. Nama Kegiatan : Bimbingan 1

2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 6 April 2017, Pukul 7.30 - 10.00 WIB.

3. Daftar Hadir :




4. Deskripsi Kegiatan :

  • Kelas Diawali dengan doa
  • Kelas Minggu ini bertemakan "Air Udara Api"
  • Kami melakukan kegiatan mewarnai dan membimbing mereka beljar menghitung.
5. Hasil Kegiatan:
Murid TK Royal Victory II dapat mewarnai dengan kreativitas mereka masing-masing dan melakukannya dengan baik.

6. Foto Kegiatan:













Laporan Kegiatan 3

1. Nama Kegiatan : Bimbingan 2

2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 13 April 2017, Pukul 7.30 - 09.00 WIB.

3. Daftar Hadir :


4. Deskripsi Kegiatan :


  • Kelas Dimulai dengan Doa
  • Kelas minggu ini bertemakan "Komunikasi"
  • Kami memberikan kegiatan untuk murid TK Royal Victory II berupa puzzle yang harus di isi atau diwarnai dengan kertas berwarna.
5. Hasil Kegiatan :
Murid-murid TK Royal Victory II Melakukan kegiatan tersebut dengan baik, dan kami juga ikut membantu guru-guru disana untuk memasang spanduk dari TK tersebut.

6. Foto Kegiatan:











Laporan Kegiatan 4

1. Nama Kegiatan : Bimbingan 3

2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 22 Mei 2017, Pukul 7.30 - 10.00 WIB.

3. Daftar Hadir :




4. Deskripsi Kegiatan
  • Kelas dimulai dengan Doa
  • Tema kelas minggu ini adalah "Alam Semesta"
  • Kami melakukan kegiatan mewarnai.
5. Hasil Kegiatan :
Kami telah melakukan pendampingan kepada anak-anak di TK Royal Victory II dengan baik, Anak - anak TK Royal Victory II mewarnai dengan baik dengan kreativitasnya masing-masing.

6. Foto Kegiatan :












Laporan Kegiatan 5

1.  Nama Kegiatan : Bimbingan 4

2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 24 Mei 2017, Pukul 7.30 - 09.20 WIB.

3. Daftar Hadir :



4. Deskripsi Kegiatan :


  • Melakukan Senam Pagi bersama anak-anak
  • Mengadakan lomba untuk anak-anak TK Royal Victory II
  • Melihat penampilan tari dari anak-anak TK Royal Victory II 
  • Mengumumkan Juara Lomba mewarnai
5. Hasil Kegiatan :
Anak-anak melakukan senam pagi dengan baik, Lomba berjalan dengan baik, Melakukan Foto bersama.

6. Foto Kegiatan : 

















BAB 5
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari kegiatan yang kami lakukan ini adalah, kami berharap kegiatan ini dapat berguna bagi bangsa dan negara. Kami melakukan kegiatan ini dengan berpedoman pada sila-sila Pancasila. Berharap kami bisa dengan benar menanamkan nilai-nilai Pancasila pada murid-murid TK Royal Victory II.
Semoga kegiatan dan mata kuliah seperti Character Building : Pancasila ini akan terus ada pada Universitas Bina Nusantara, dan berkembang ke universitas-universitas lain. Agar generasi muda seperti kami dapat meneruskan nilai-nilai dalam Pancasila ke generasi selanjutnya, dan seterusnya.
5.2 Refleksi
Refleksi seluruh kegiatan dari seluruh anggota kelompok kami :
Fannicko Chandra :


  "Selama saya membimbing di TK Victory II, Saya mendapat pembelajaran bahwa dalam        membimbing seorang anak itu tidaklah mudah, harus memiliki kesabaran, memiliki Komunikasi yang baik dengan anak-anak TK tersebut."

Andina Chintani :
“Selama saya membimbing anak-anak TK, saya merasakan banyak manfaat untuk diri saya sendiri. Saya mendapat pelajaran yang berharga, seperti menjadi orang yang lebih bersabar dalam membimbing anak-anak, menyadari perjuangan guru-guru selama mengajar, menghargai perbedaan pendapat dalam satu kelompok, dan lain-lain. Hal-hal tersebut adalah pengalaman dan pelajaran berharga bagi hidup saya yang belum tentu saya dapatkan setiap hari. Oleh karena itu, saya merasa beruntung dengan adanya mata kuliah CB ini.”
Melvin Samuel :
“Selama saya membimbing anak2 tk, saya banyak mendapatkan pembalajaran penting bagaimana rasanya bersabar jadi guru dan rasanya bisa berkomunikasi baik dengan anak2,  semua itu jadi pembelajaran baik buat saya dan kelompok saya.”

Antonio Steven :
“Saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga ketika dapat kesempatan untuk bertemu dengan adik2 kita ini. Banyak pengalaman dan kesan yang dapat didapat dari proyek ini. Dengan begini saya dapat bertemu dengan anak2 yang kalem dan juga yang aktif maupun hiperaktif. Dengan proyek ini saya menjadi lebih memahami karakter dari masing2 anak2 dan juga bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan baik dengan mereka.”
Hanisa Hansa :
“Selama mengajar saya sangat senang karena saya dapat membantu dalam proses belajar mengajar meskipun hanya beberapa hari saja. Tetapi hal yang didapat dari mengejar ini sangatlah banyak. saya banyak mendapat pembelajaran terlebih pelajaran hidup. Saya belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik, bersabar, pandai pandai bertoleransi, berbagi dan bagaimana membimbing anak anak.”
Ongko Star :
“Saya sangat berterimakasih kepada guru-guru karena tanpa kebaikan Ibu guru kami tidak akan bisa mendapatkan pengalaman mengajar ini dan menyelesaikan tugas yang diberikan. Lalu untuk anak-anak PAUD, kakak benar-benar bersyukur karena bisa memberi kalian ilmu yang lebih banyak lagi. Bukan hanya sekedar mengajar, kakak sangat bahagia karena bisa mengenal kalian. Kalian membuat hari kakak menjadi lebih indah, semoga 10 tahun kemudian kakak bisa melihat kalian menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara, orang yang bisa membangun negara ini menjadi lebih baik lagi dan semoga kalian bisa meraih cita-cita yang sudah pernah kalian ceritakan kepada kakak.”
Novelia Cristiani :
“Selama saya membantu mengajar adik adik selama beberapa hari, saya belajar banyak sekali, seperti saya mengetahui kalau cara menyikapi anak anak dengan keceriaan,dan adapun anak yang dikatakan nakal dapat diatasi dengan memberikan perhatian lebih, dan cara mengajar anak anak haruslah dengan kelemah lembutan, dan setiap karakter anak berbeda dan saya belajar susahnya menjadi guru apabila anak susah diatur, dan saya belajar menjadi orang yang lebih sabar, dan dari adanya kegiatan CB ini saya belajar untuk memperhatikan kepentingan umum atau kepentingan semua orang dibandingkan kepentingan saya sendiri, menyatukan semua suara yang dikerucutkan menjadi satu, dan banyak lagi.”
Muhammad Sandy :
“Saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga karena saya belajar menjadi guru dan tidak disangka2 sangat lah sulit untuk mengajar anak2 TK. Tetapi ini sangatlah menyenangkan karena anak kecil sangat lucu dan beberapa yang mudah diatur. Adapun yang sulit diatur tetapi kita harus tetap sabar menghadapi nya karena kita yang sudah dewasa harus bisa mengerti anak anak ini. Intinya saya mendapat ilmu yang sangat banyak seperti: banyak bersabar dan berkomunikasi dengan mereka secara baikbaik atau halus.”
Hans Jonathan :
“Selama saya membantu guru2 di TK royalvictory, saya mendapatkan pelakaran yang sangat berharga. Salah satunya Bagaimana  cara menghadapi anak kecil yang pendiam sampai anak yang susah diatur. Saya juga berterimakasih kepada guru2 yang sudah menerima kami di TK royal victory dan juga untuk pelajaran pelajaran berharga yang kami terima.”
          
5.3 Lampiran
https://www.youtube.com/watch?v=dUTTvwC5_w8&feature=youtu.be


REFERENSI


Comments

Popular posts from this blog

CB Pancasila : Laporan Kegiatan CB Pancasila