Laporan CB Pancasila
Project Luar
Kelas LF21
CBDC – TFI
Character Building Pancasila
Judul
Project
Penanaman
Nilai Pancasila dengan Membimbing dalam Pembelajaran Pada Anak-Anak TK
Kelompok
2
NIM
|
NAMA
|
JABATAN
|
2001551643
|
Fannicko
Chandra
|
Ketua
|
2001621561
|
Andina
Chintani
|
Sekretaris
|
2001621315
|
Novelia
Cristiani S
|
Anggota
|
2001598136
|
Hans
Jonathan
|
Anggota
|
2001561650
|
Melvin
Samuel
|
Anggota
|
2001570094
|
Muhammad
Sandy
|
Anggota
|
2001569565
|
Antonio
Steven
|
Anggota
|
2001597625
|
Hanisa
Hansa Aulia
|
Anggota
|
2001602386
|
Ongko
Star
|
Anggota
|
KELAS
|
LF21
|
BINUS
UNIVERSITY
2017
HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR
Project
Luar Kelas Character Building : Pancasila
1. Judul
Project :
Penanaman Nilai Pancasila dengan Membimbing dalam Pembelajaran Pada Anak-Anak
TK
2. Lokasi
Project : TK Royal
Victory II
3. Kelompok
target kegiatan : TK
, Panti Asuhan, dan Rumah susun
4. Nama Anggota Kelompok :
4. Nama Anggota Kelompok :
a. Fannicko
Chandra
b. Andina
Chintani
c. Hanisa
Hansa
d. Novelia
Cristiani
e. Hans
Jonathan
f. Muhammad
Sandy
g. Melvin
Samuel
h. Antonio
Steven
i.
Ongko Star
5. Mata
Kuliah :
Character Bulding : Pancasila
6. Kelas
:
LF21
7. Dosen : Murty M.
P
Jakarta, 5 Juni 2017
Mengetahui Ketua Kelompok
(Murty Magda Pane,ST,M.SI) (Fannicko Chandra)
Dosen
CB Pancasila 2001551643
DAFTAR
ISI
Lembar cover
Lembar pengesahan
Daftar isi
Bab 1 :
Pendahuluan
Bab 2 : Konsep Kegiatan
Bab 3 : Metode kegiatan
Bab 4 :
Pelaksanaan Kegiatan
Bab 5 :
Penutup
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sebagai
bentuk rasa peduli kami akan keadaan sekitar, maka sebagai generasi muda ingin
mengadakan sebuah bentuk kegiatan yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar.
Maka dari itu, kami ingin berpartisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa dan
kami berinisiatif untuk membantu dan mendampingi anak-anak paud, panti asuhan,
dsb dalam kegiatan proses belajar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa/i
Binus atas dasar program dari salah satu mata kuliah dalam Universitas Bina
Nusantara, Character Building : Pancasila
1.2 PermasalahanAdapun masalah-masalah yang timbul untuk mencapai tujuan kami:
- Perbedaaan Sifat
- Perbedaan kelas dari masing-masing jurusan
- Kurangnya berkomunikasi
- Sulit untuk mencocokan waktu untuk melakukan project
BAB
2
KONSEP
KEGIATAN
Konsep dari kegiatan kami yaitu:
- Mendampingi anak paud dalam proses pembelajarannya
- Melakukan kegiatan-kegiatan sehingga kami akrab dan saling berinteraksi dengan baik
BAB
3
METODE
KEGIATAN
Dalam kegiatan membimbing anak-anak TK
Royal Victory II, kami melakukan beberapa kegiatan didalam maupun diluar
pembelajaran yang sudah ditentukan oleh pihak TK. Kegiatan yang kamu adakan
adalah pendampingan belajar, games, dan lomba mewarnai.
3.1
Pendampingan belajar
Pendampingan belajar adalah kegiatan utama
kami dalam project ini. Di TK Royal Victory II, terdapat 3 kelas. Kelompok kami
yang terdiri dari 9 orang, dibagi ke dalam 3 kelas tersebut.
Pendampingan belajar yang kami lakukan
adalah membantu murid yang kesulitan dalam belajar saat guru sedang mengajar.
Pelajaran yang membutuhkan pendampingan belajar adalah pelajaran menghitung.
Ada beberapa murid yang belum bisa menghitung dengan cepat, butuh proses yang
lebih lama dari murid-murid lain.
Tidak hanya dalam pelajaran menghitung,
dalam kegiatan mewarnai pun kita mendampingi murid-murid yang kesulitan. Mereka
terkadang meminta bantuan kami untuk menentukan warna yang tepat pada gambar,
ada juga yang meminta bantuan kami untuk ikut mewarnai karena motorik mereka
yang kurang dan belum bisa mewarnai dengan rapih.
3.2
Games / hiburan
Kegiatan kedua yang kami lakukan adalah
mengajak anak-anak bermain saat istirahat tiba. Istirahat tiba pada pukul
09.00-09.30. Selesai mereka menghabiskan makanannya, murid-murid tersebut akan
bermain di lapangan.
Kami mengisi waktu tersebut dengan bermain
bersama-sama murid-murid TK tersebut. Salah satu permainan yang kami adakan
adalah bermain “ular naga panjang”. Hampir seluruh murid ikut berpartisipasi
dalam permainan tersebut. Merekapun mengikutinya dengan senang.
3.3 Lomba
Mewarnai
Kegiatan
terakhir yang kami adakan adalah lomba mewarnai. Kegiatan tersebut diikuti oleh
seluruh murid TK, dari TK-B, TK-A, dan Playgroup. Lomba tersebut diadakan di
lapangan TK. Sebelum lomba dimulai, anak-anak TK melakukan senam pagi, kamipun
juga mengikuti senam pagi bersama-sama.
Setelah
senam selesai, kami membantu para guru untuk menggelar alas untuk anak-anak
duduk saat lomba mewarnai. Setelah itu anak-anak duduk dengan rapih, kamipun
membagikan kertas gambar untuk lomba mewarnai. Kami sudah menyediakan hadiah
untuk pemenang-pemenang lomba. Hadiah untuk TK-B, juara I adalah 3 buku dan 1
pensil, juara II adalah 2 buku dan 1 pensil. Hadiah untuk TK-A, juara I adalah
1 buku dan 1 pensil, juara II adalah 1 buku dan 1 rautan. Haidah untuk juara I
kelas Playgroup adalah 1 buku dan 1 rautan.
Selesai mereka mewarnai, kami berunding untuk
menentukan juaranya. Kamipun mengumumkan juara-juaranya, memberikan hadiah dan
foto bersama. Kami juga memberikan bingkisan pada setiap murid. Diakhir acara
kami berfoto bersama dengan murid-murid dan guru-guru, dan berpamitan.
BAB 4
PELAKSANAAN KEGIATAN
Laporan Kegiatan 1
1. Nama Kegiatan :
Survey
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl.
Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 10 Maret 2017, Pukul 08.00 -
09.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
4. Deskripsi Lengkap
Kegiatan :
- Berkumpul dan berangkat ke TK
Royal Victory II
- Bertemu dengan kepala sekolah
lalu meminta izin untuk melakukan bimbingan kepada murid TK tersebut.
5. Hasil Kegiatan :
- Mendapatkan izin untuk
melakukan bimbingan di TK Royal Victory II.
- Mendapatkan jadwal untuk
melakukan bimbingan.
- Menerima Tema untuk melakukan
bimbingan disaat kami siap untuk melakukan bimbingan.
6. Foto Kegiatan :
Laporan Kegiatan 2
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 1
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 6 April 2017, Pukul 7.30 - 10.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 1
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 6 April 2017, Pukul 7.30 - 10.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
4. Deskripsi Kegiatan :
- Kelas Diawali dengan doa
- Kelas Minggu ini bertemakan
"Air Udara Api"
- Kami melakukan kegiatan
mewarnai dan membimbing mereka beljar menghitung.
5. Hasil Kegiatan:
Murid TK Royal Victory
II dapat mewarnai dengan kreativitas mereka masing-masing dan melakukannya
dengan baik.
6. Foto Kegiatan:
Laporan Kegiatan 3
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 2
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 13 April 2017, Pukul 7.30 - 09.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 2
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 13 April 2017, Pukul 7.30 - 09.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
4. Deskripsi Kegiatan :
- Kelas Dimulai dengan Doa
- Kelas minggu ini bertemakan
"Komunikasi"
- Kami memberikan kegiatan untuk
murid TK Royal Victory II berupa puzzle yang harus di isi atau diwarnai
dengan kertas berwarna.
5. Hasil Kegiatan :
Murid-murid TK Royal
Victory II Melakukan kegiatan tersebut dengan baik, dan kami juga ikut membantu
guru-guru disana untuk memasang spanduk dari TK tersebut.
6. Foto Kegiatan:
Laporan Kegiatan 4
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 3
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 22 Mei 2017, Pukul 7.30 - 10.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 3
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 22 Mei 2017, Pukul 7.30 - 10.00 WIB.
3. Daftar Hadir :
4. Deskripsi Kegiatan
- Kelas dimulai dengan Doa
- Tema kelas minggu ini adalah "Alam Semesta"
- Kami melakukan kegiatan mewarnai.
5. Hasil Kegiatan :
Kami telah melakukan pendampingan kepada anak-anak di TK Royal Victory II dengan baik, Anak - anak TK Royal Victory II mewarnai dengan baik dengan kreativitasnya masing-masing.
6. Foto Kegiatan :
Kami telah melakukan pendampingan kepada anak-anak di TK Royal Victory II dengan baik, Anak - anak TK Royal Victory II mewarnai dengan baik dengan kreativitasnya masing-masing.
6. Foto Kegiatan :
Laporan Kegiatan 5
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 4
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 24 Mei 2017, Pukul 7.30 - 09.20 WIB.
3. Daftar Hadir :
1. Nama Kegiatan : Bimbingan 4
2. Tempat dan Waktu :
TK Royal Victory II (Jl. Budi Raya No.68, Kebon jeruk, Jakarta Barat). 24 Mei 2017, Pukul 7.30 - 09.20 WIB.
3. Daftar Hadir :
4. Deskripsi Kegiatan :
- Melakukan Senam Pagi bersama anak-anak
- Mengadakan lomba untuk anak-anak TK Royal Victory II
- Melihat penampilan tari dari anak-anak TK Royal Victory II
- Mengumumkan Juara Lomba mewarnai
5. Hasil Kegiatan :
Anak-anak melakukan senam pagi dengan baik, Lomba berjalan dengan baik, Melakukan Foto bersama.
6. Foto Kegiatan :
Anak-anak melakukan senam pagi dengan baik, Lomba berjalan dengan baik, Melakukan Foto bersama.
6. Foto Kegiatan :
BAB 5
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan
dari kegiatan yang kami lakukan ini adalah, kami berharap kegiatan ini dapat
berguna bagi bangsa dan negara. Kami melakukan kegiatan ini dengan berpedoman
pada sila-sila Pancasila. Berharap kami bisa dengan benar menanamkan
nilai-nilai Pancasila pada murid-murid TK Royal Victory II.
Semoga
kegiatan dan mata kuliah seperti Character Building : Pancasila ini akan terus
ada pada Universitas Bina Nusantara, dan berkembang ke universitas-universitas
lain. Agar generasi muda seperti kami dapat meneruskan nilai-nilai dalam
Pancasila ke generasi selanjutnya, dan seterusnya.
5.2 Refleksi
Refleksi seluruh kegiatan dari seluruh anggota kelompok kami :
5.2 Refleksi
Refleksi seluruh kegiatan dari seluruh anggota kelompok kami :
Fannicko
Chandra :
"Selama saya membimbing di TK Victory II, Saya mendapat pembelajaran bahwa dalam membimbing seorang anak itu tidaklah mudah, harus memiliki kesabaran, memiliki Komunikasi yang baik dengan anak-anak TK tersebut."
Andina
Chintani :
“Selama
saya membimbing anak-anak TK, saya merasakan banyak manfaat untuk diri saya
sendiri. Saya mendapat pelajaran yang berharga, seperti menjadi orang yang
lebih bersabar dalam membimbing anak-anak, menyadari perjuangan guru-guru selama
mengajar, menghargai perbedaan pendapat dalam satu kelompok, dan lain-lain.
Hal-hal tersebut adalah pengalaman dan pelajaran berharga bagi hidup saya yang
belum tentu saya dapatkan setiap hari. Oleh karena itu, saya merasa beruntung
dengan adanya mata kuliah CB ini.”
Melvin
Samuel :
“Selama
saya membimbing anak2 tk, saya banyak mendapatkan pembalajaran penting bagaimana
rasanya bersabar jadi guru dan rasanya bisa berkomunikasi baik dengan
anak2, semua itu jadi pembelajaran baik
buat saya dan kelompok saya.”
Antonio
Steven :
“Saya
mendapatkan pelajaran yang sangat berharga ketika dapat kesempatan untuk
bertemu dengan adik2 kita ini. Banyak pengalaman dan kesan yang dapat didapat
dari proyek ini. Dengan begini saya dapat bertemu dengan anak2 yang kalem dan
juga yang aktif maupun hiperaktif. Dengan proyek ini saya menjadi lebih
memahami karakter dari masing2 anak2 dan juga bagaimana cara untuk
berkomunikasi dengan baik dengan mereka.”
Hanisa
Hansa :
“Selama
mengajar saya sangat senang karena saya dapat membantu dalam proses belajar
mengajar meskipun hanya beberapa hari saja. Tetapi hal yang didapat dari
mengejar ini sangatlah banyak. saya banyak mendapat pembelajaran terlebih
pelajaran hidup. Saya belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik, bersabar,
pandai pandai bertoleransi, berbagi dan bagaimana membimbing anak anak.”
Ongko
Star :
“Saya
sangat berterimakasih kepada guru-guru karena tanpa kebaikan Ibu guru kami
tidak akan bisa mendapatkan pengalaman mengajar ini dan menyelesaikan tugas
yang diberikan. Lalu untuk anak-anak PAUD, kakak benar-benar bersyukur karena
bisa memberi kalian ilmu yang lebih banyak lagi. Bukan hanya sekedar mengajar,
kakak sangat bahagia karena bisa mengenal kalian. Kalian membuat hari kakak
menjadi lebih indah, semoga 10 tahun kemudian kakak bisa melihat kalian menjadi
orang yang berguna bagi bangsa dan negara, orang yang bisa membangun negara ini
menjadi lebih baik lagi dan semoga kalian bisa meraih cita-cita yang sudah
pernah kalian ceritakan kepada kakak.”
Novelia
Cristiani :
“Selama
saya membantu mengajar adik adik selama beberapa hari, saya belajar banyak
sekali, seperti saya mengetahui kalau cara menyikapi anak anak dengan
keceriaan,dan adapun anak yang dikatakan nakal dapat diatasi dengan memberikan
perhatian lebih, dan cara mengajar anak anak haruslah dengan kelemah lembutan,
dan setiap karakter anak berbeda dan saya belajar susahnya menjadi guru apabila
anak susah diatur, dan saya belajar menjadi orang yang lebih sabar, dan dari
adanya kegiatan CB ini saya belajar untuk memperhatikan kepentingan umum atau
kepentingan semua orang dibandingkan kepentingan saya sendiri, menyatukan semua
suara yang dikerucutkan menjadi satu, dan banyak lagi.”
Muhammad
Sandy :
“Saya
mendapatkan pelajaran yang sangat berharga karena saya belajar menjadi guru dan
tidak disangka2 sangat lah sulit untuk mengajar anak2 TK. Tetapi ini sangatlah
menyenangkan karena anak kecil sangat lucu dan beberapa yang mudah diatur.
Adapun yang sulit diatur tetapi kita harus tetap sabar menghadapi nya karena
kita yang sudah dewasa harus bisa mengerti anak anak ini. Intinya saya mendapat
ilmu yang sangat banyak seperti: banyak bersabar dan berkomunikasi dengan
mereka secara baikbaik atau halus.”
Hans
Jonathan :
“Selama
saya membantu guru2 di TK royalvictory, saya mendapatkan pelakaran yang sangat
berharga. Salah satunya Bagaimana cara
menghadapi anak kecil yang pendiam sampai anak yang susah diatur. Saya juga
berterimakasih kepada guru2 yang sudah menerima kami di TK royal victory dan
juga untuk pelajaran pelajaran berharga yang kami terima.”
https://www.youtube.com/watch?v=dUTTvwC5_w8&feature=youtu.be
REFERENSI
Comments
Post a Comment